5 Tips Menulis Karya Tulis Ilmiah Khusus Bagi Pemula




Menulis karya ilmiah sebenarnya tidaklah sulit, hanya butuh  ketekunan dan kesabaran untuk melakukannya. Dulu saya sangat kesulitan menulis karya ilmiah, namun dengan belajar tekun dan sabar saya bisa menyelesaikan beberapa karya ilmiah. Saya senang tulis menulis dari SMP sampai
sekarang, dengan menulis wawasan dan pemikiran kita akan lebih terbuka. Nah,  Bagi kamu yang masih pemula pasti sulit untuk menulis karya tulis ilmiah. Untuk itu, saya akan bagikan pengalaman
saya menulis Karya Tulis Ilmiah yang benar.
1.      Pahami Struktur Kaidah Karya Ilimah yang benar. Ini sangat penting sekali, sebelum kamu menulis karya tulis, kamu harus paham bagaimana strukturnya dan apa saja hal yang harus diperhatikan. Untuk mempelajari Kaidah penulisan Karya Ilmiah klik disini.
2.      Tentukan judul dan Membatasi Masalah. Jika kamu telah paham dengan tips yang pertama, selanjudnya kamu harus tentukan judul. Misalnya tema tentang GLOBALISASI, kamu bisa mengambil judul tentang Dampak Globalisasi. Judul Dampak Globalisasi tersebut dapat kamu batasi pembahasannya, menjadi Dampak Globalisasi di Gunungsitoli. Untuk memperkecil ruang lingkup pembahasan maka kamu bisa membuat judulnya “Dampak Globalisasi Bagi Pelajar SMA Negeri 1 Gunungsitoli”. Mungkin kamu bertanya, mengapa harus ada pembatasan masalah?
Tujuannya agar pada pembahasannya kamu tidak terlalu sulit berpikir. Perlu kamu ketahui dalam penulisan Kerya Tulis Ilmiah harus disertai fakta yang ada. Jadi kamu tidak ngaur saat mengadakan penelitian. Bayangkan kalau kamu membuat karya tulis dengan judul Dampak Globalisasi Bagi Pelajar di seluruh Indonesia. Tentu untuk membuat pemahasannya kamu akan meneliti setiap pelajar di daerah yang ada di seluruh Indonesia, itukan sangat tidak masuk akal.
3.      Banyak membaca. Jika kamu sudah menentukan judul karya kamu,  maka selanjudnya kamu harus banyak membaca dengan judul yang sama. Cari di Internet Refferensi yang lain. Tentang dampak globalisasi misalnya. Dengan banyak membaca judul yang sama, kamu tidak akan sulit dalam menulis karya kamu.
4.      Tulislah apa yang kamu pikirkan. Saat kamu berpikir tentang sesuatu hal yang harus dituangkan dalam karya kamu, alangkah baiknya kamu langsung tulis. Jangan sampai apa yang kamu pikirkan itu hilang begitu saja. Kadang apa yang kita pikirkan itu sangat berguna. Apa lagi bagi pemula berpikir sebentar pasti nantinya lupa. Karena itu kamu harus menulis apa yang kamu pikirkan.
5.      Banyak bertanya pada Guru. Membaca tanpa bertanya sama halnya Bohong, apa yang kamu baca belum tentu kamu paham. Banyakla bertanya pada guru tentang judul yang kamu tulis. Dengan banyak bertanya maka kamu akan mendapatkan ide. Jangan takut sama guru. Ingat Guru sangat senang kalau siswanya banyak bertanya.
Demikian tips menulis karya tulis bagi pemula, intinya untuk menulis kita banyak berlatih dan tekun serta sabar dalam membuat sebuah karya tulis.
Baca Juga :